13 Maret 2011

Profil Senior: PAK AMIN DAN KKP DI LAMPUNG


Siapa sih pegawai di BPN Lampung yang tidak kenal dengan Pak Amin?...

Di samping mengemban amanah sebagai Kepala Kantor Pertanahan Kota Metro, Ir. Amin Sulistyo menjadi nahkoda Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) di seluruh Provinsi Lampung. Sang nahkoda tidak segan-segan menarik kabel jaringan sendiri, memasang instalasi komputer dan jaringannya, bahkan anak buahnya pun tak ragu meminta pertolongan untuk meng-install program KKP yang terasa sangat rumit bagi para pemula itu.

Geodet (Ahli Geodesi) lulusan ITB yang jago menembak ini mendirikan “Kampus Ungu” di Kanwil BPN Prov Lampung , tempat memberikan pelatihan bagi karyawan Kantor Pertanahan di seluruh Provinsi Lampung, hasilnya hampir seluruh Kantor Pertanahan sudah online dan dapat diakses dari manapun. Online di sini menurut Pak Amin tidak sekedar tersambung dengan jaringan tetapi lebih dari itu “real time”.

Pelayanan berbasis on-line system perlu membangun data base elektronik, pembangunan infrastruktur perangkat keras dan jaringan koneksi, peningkatan sumber daya manusia dalam kemampuan penguasaan IT serta sosialisasi kegiatan di kalangan intern dan ekstern merupakan tahap-tahap kegiatan yang harus dilakukan pada kantor-kantor yang sedang dan sudah menerapkan KKP.

Menurut Pak Amin, KKP akan menjamin transparansi pelayanan. Pelayananpun menjadi efisien dan cepat, kualitas data dapat dipertanggungjawabkan, para pengambil keputusan dapat memperoleh data dan menganalisanya sehingga menghasilkan informasi yang terintegrasi dan dapat dilakukan dari luar kantor.

Pak Amin pernah “sekolah” di IBM, yang kemudian menjadikannya seorang ahli komputer, bahkan sejak duduk di bangku ITB sudah mulai membuat program aplikasi terutama dalam bidang pengukuran.

Keahliannya me-manage anak buah dan membangun komputerisasi di Kantor Pertanahan membawanya memperoleh penghargaan Larasita dari Kepala BPN RI.

Pemegang sabuk hitam olah raga Kempo yang ahli mendandani mobil offroad, tennis dan hobi memancing ini menginginkan seluruh Kantor Pertanahan segera online, menurutnya negara telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk membangun komputerisasi BPN RI, sehingga setiap insan Pertanahan harus mendukung KKP.

Pak Amin ingin segera mewujudkan harapannya, tinggal bagaimana “mahasiswa-i” di Kampus Ungu serius mengikuti seluruh materi yang diajarkan…

SALUT Pak Amin!!!,….

3 komentar:

  1. salut buat pak amin,,
    tapi berjuang tidak bisa sendirian,,,
    harus ada re-organisasi supaya komputerisasi bisa segera terlaksanakan dengan optimal..

    ayo pak amin,,,
    kami mendukungmu.....

    Arby (mahasiswa Kampus ungu)

    BalasHapus
  2. Selamat buat P. Amin, sukses ya...

    BalasHapus
  3. Ass.wr.wb. telah berpulang ke Rahmatullah Bpk. Ir. H Amin Sulistyo bin Soecipto pada hari Jumat 22 September 2017 pk. 01.30 dini hari. Mohon dibukakan pintu maaf yg sebesar-besarnya dan mohon doanya untuk Almarhum. Wass.

    Innalillahi wainna illaihi rajiun.
    Turut berduka cita yg sedalam-dalamnya atas meninggal Pak Amin Sulistyo. Kita maafkan dan doakan, semoga Allah memerima almarhum beserta segala amal dan ibadahnya. Serta keluarga yang ditinggalkan diberiNya kesabaran, Amin

    BalasHapus

WORKSHOP PENYEDIA untuk PTSL

Bertempat di ruangan Mahogany 3 Hotel Royal Kuningan di bilangan Jl. Kuningan Persada 3 Jakarta Selatan, Pejabat LKPP, Unit Layanan Pengada...