15 Juli 2017

WORKSHOP PENYEDIA untuk PTSL

Bertempat di ruangan Mahogany 3 Hotel Royal Kuningan di bilangan Jl. Kuningan Persada 3 Jakarta Selatan, Pejabat LKPP, Unit Layanan Pengadaan Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ BPN RI, Pemimpin KJSKB dan perusahaan anggota APSPIG menghadiri undangan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP) dalam acara Workshop Penyedia dengan agenda pertemuan Pemaparan Simulasi (SIKaP - Sistem Informasi Kinerja Penyedia) dan Pemaparan Simulasi Lelang Cepat.

Acara dibuka oleh Direktur Advokasi dan Penyelesaian Sanggah Wilayah I LKPP Yulianto Prihandoyo dilanjutkan sambutan oleh Plt. Direktur Pengukuran dan Pemetaan Dasar Kementrian ATR/BPN RI Ir. Herjon C. M. Panggabean, M.Si. Dalam sambutannya Yulianto menyampaikan bahwa LKPP akan melakukan pendampingan pada kegiatan konsolidasi pengadaan barang/ jasa pemerintah pada paket Pengadaan Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Karena waktu yang sangat singkat dengan volume pekerjaan yang cukup banyak dan spesifik maka perlu dilakukan cara pengadaan dengan metode yang singkat yaitu dengan SIKaP (Vendor Managemat Syatem).

SIKaP

Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) atau Vendor Mangement System adalah aplikasi yang memuat data atau informasi  kinerja  penyedia  barang/jasa.  Informasi kinerja penyedia  barang jasa  meliputi  data  atau informasi  mengenai identitas,  kualifikasi,  serta  riwayat kinerja penyedia.
Informasi  ini  antara  lain  mencakup Identitas Pokok, Ijin Usaha, Pajak, Akta Pendirian, Pemilik, Tenga Ahli dan Pengalaman. Pada prinsipnya informasi kinerja  penyedia di dalam SIKaP sama dengan  data penyedia di SPSE,  namun ada beberapa bagian informasi yang perlu ditambahkan. Dengan adanya aplikasi SIKaP ini maka penyedia hanya mengisikan data penyedia sekali saja, yang nantinya web server akan terpusat. Percepatan  pelaksanaan E-Tendering dilakukan  dengan memanfaatkan Informasi  Kinerja  Penyedia Barang/ Jasa. VMS  adalah  sebagai  data  penyedia terpusat,  agar mengurangi  proses prakualualifikasi  dan mempercepat proses lelang. Login penyedia dalam VMS adalah penyedia yang sudah melakukan proses aktivasi Agregasi Data Penyedia (ADP).

Fungsi SIKaP adalah:

  1. Memusatkan data penyedia seluruh Indonesia untuk mendapatkan penyedia yang benar-benar kualified berdasarkan jenis atau kompetensi usaha yang dimiliki.
  2. Memudahkan segala proses penghitungan jumlah penyedia
  3. Memudahkan proses pengolahan data penyedia
Sebelum melakukan login di http://sikap.lkpp.go.id, penyedia harus melakukan proses aktivasi ADP terlebih dahulu dengan cara:

1. Melakukan pendaftaran di lpse.bpn.go.id pada SPSE.versi 3.6.


2. Mendaftar sebagai penyedia barang/ jasa


3. Memasukkan alamat email, mendownload Formulir Pendaftaran dan Formulir Keikutsertaan.


4. Mengisi formulir yang telah didownload, membuka email dan melanjutkan pendaftaran dengan meng-klik link yang dikirim melalui email, isi daftar isian secara online.

5. Verifikasi pendaftaran langsung ke LPSE BPN dengan membawa formulir yang telah ditandatangi di atas materai dan menunjukkan berkas asli seperti NPWP KJSKB, KTP Pemimpin, Surat Izin Kerja dari Menteri, Akta Pendirian.

6. Setelah semua berkas lengkap dan telah diperiksa kebenarannya oleh LPSE ATR/BPN maka akan dikirimkan Konfirmasi Aktivasi Agregasi Inaproc, dengan demikian berarti username dan password yang telah diisikan dapat digunakan untuk log in di LPSE ATR/ BPN.

7. Buka link sikap.lkpp.go.id

8. Login SIKaP dengan menggunakan user id dan password yang telah teraktivasi ADP

9. Melengkapi data penyedia


Alur Proses SIKaP dalam aplikasi SIKaP


Hadir pula pada acara tersebut LPSE ATR/ BPN sehingga penyedia ang akan melakukan verifikasi pendaftaran dapat dilayani pada hari itu juga.

Sampai acara berakhir telah 18 KJSKB yang telah berhasil login di SIKaP sebagai berikut:
  1. KJSKB Sujadi - Banten
  2. KJSKB Lalu Ubai Abdillah - Sumatera Selatan
  3. KJSKB Boston Sianturi - Sumatera Utara
  4. KJSKB Ariwijaya&Rekan - Nusa Tenggara Barat
  5. KJSKB MartinLay&Rekan - DKI Jakarta
  6. KJSKB Aziz Z&Rekan - Jawa Timur
  7. KJSKB Harto Widodo&Rekan - Jawa Barat
  8. KJSKB Jeffry Koto&Rekan - Jawa Barat
  9. KJSKB Muhammad Nurul Huda&Rekan - Jawa Timur
  10. KJSKB Sudung Manurung - Riau
  11. KJSKB Decky&Rekan - Jawa Timur
  12. KJSKB Rizarda&Rekan -DKI Jakarta
  13. KJSKB Suranto&Rekan - DI Yogyakarta
  14. KJSKB Loedi Ratrianto - Lampung
  15. KJSKB Muchammad Masykur&Rekan - Jawa Timur
  16. KJSKB Galih&Rekan
  17. KJSKB Supri Edy - Sumatera Selatan
  18. KJSKB Wirjawan Prasetyanto&Rekan - Jawa Timur
LKPP dan ATR/ BPN RI akan memberikan kesempatan berikutnya bagi penyedia baik KJSKB dan Anggota APSPIG yang belum hadir pada acara tanggal 14 Juli 2017 untuk mengikuti Simulasi Aplikasi SIKaP dan Lelang Cepat terutama bagi KJSKB yang belum terdaftar di SIKaP pada:

Hari              : Senin, 17 Juli 2017
Waktu           : 09.00 WIB - selesai
Tempat         : Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center
                       Jl. Let.Jen TB. Simatupang Kav 9 Kebagusan Jakarta Selatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WORKSHOP PENYEDIA untuk PTSL

Bertempat di ruangan Mahogany 3 Hotel Royal Kuningan di bilangan Jl. Kuningan Persada 3 Jakarta Selatan, Pejabat LKPP, Unit Layanan Pengada...