21 November 2008

HARI AGRARIA NASIONAL 2008


Setiap tahun pada tanggal 24 September selalu diperingati oleh insan pertanahan di Indonesia sebagai Hari Agraria Nasional, hari lahirnya Undang-undang Pokok Agraria. Tahun ini Hari Agraria Nasional tepat pada usia yang ke-48.
Bagi BPN momen ini biasa ditandai dengan pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat yang dilakukan secara simbolis oleh pejabat Badan Pertanahan Nasional di daerah atau pun dengan acara Hari Bakti Agraria dengan berbagai macam kegiatan untuk masyarakat sekitar maupun intern keluarga besar BPN.

Kali ini Kepala Badan Pertanahan Nasional kembali menegaskan akan pentingnya percepatan pendaftaran tanah. Menurut Kepala BPN RI tanah-tanah masyarakat masih banyak yang belum terdaftar. Belum terpetakan secara baik. Tugas kita untuk memastikan bahwa tanah-tanah masyarakat segera terdaftar. Untuk memberikan kepastian hukum. Untuk memberikan akses masyarakat pada sumber-sumber permodalan dan teknologi. Meski target dan realisasi pendaftaran dalam tiga tahun terakhir ini telah meningkat 300 persen tetapi di sana-sini masih banyak kita temukan persoalan teknis yang dihadapi masyarakat, baik karena belum sempurnanya public good governance kita maupun karena hambatan BPHTB bagi masyarakat kurang mampu. Inti dari semuanya itu adalah tanah sebagai aset belum terkelola secara baik. Memastikan tanah menjadi sumber kemakmuran rakyat adalah memastikan pengelolaan tanah sebagai aset secara menyeluruh dan mendasar.

Peranan Surveyor Kadastral dalam Percepatan Pendaftaran Tanah

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, Surveyor Kadastral telah turut serta berperan dalam percepatan pendaftaran tanah. Di Provinsi Lampung dalam tahun 2007 Surveyor Kadastral telah melaksanakan pengukuran dan pemetaan kadastral tidak kurang dari 40.000 bidang dalam proyek LMPDP, Sertifikat Masal Swadaya maupun Prona. Tahun ini Surveyor Kadastral diberi kesempatan untuk melaksanakan Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah. Dengan perkembangan teknologi survei pengukuran dan pemetaan baik dalam perangkat keras maupun lunak diharapkan jumlah bidang tanah yang dapat dipetakan semakin meningkat.

1 komentar:

WORKSHOP PENYEDIA untuk PTSL

Bertempat di ruangan Mahogany 3 Hotel Royal Kuningan di bilangan Jl. Kuningan Persada 3 Jakarta Selatan, Pejabat LKPP, Unit Layanan Pengada...